Membuat Lapisan Sablon Digital Menjadi Awet

LAPISAN SABLON DIGITAL


Sebuah produk akan semakin menentukan hasil yang maksimal apabila produk tersebut menghasilkan sebuah hasil yang memuaskan .Tekhnologi sablon saat ini sangat bermacam macam prosesnya. Dari manual hingga sampai ke tekhnik Digital , Variasi tersebut semakin mempermudah pemrosesan di saat inovasi berbisnis yang akan menentukan sebuah keberhasilan . Sablon digital yang kita tahu selama ini banyak ditemukan adalah Sablon digital dengan menggunakan alat printer ,ada juga yang menggunakan light transfer paper lalu di press menggunakan alat tersendiri. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan solusi pemrosesan pembuatan sablon digital menggunakan kertas light transfer paper dengan menambah kan lapisan yang membuat hasil dari sablon digital tersebut menjadi awet walaupun di cuci sesering mungkin.
Keluhan mengenai tekhnik sablon dengan light transfer paper tanpa lapisan ini banyak mengundang penyesalan konsumen setelah produk (kaos) yang kita beli semakin lama semakin pudar dan acak acakan ketika terlalu sering di cuci .
Disini akan saya perkenalkan komponen lapisan pendukung untuk mengawetkan hasil dari sablon digital. Nama produk tersebut Adalah Liquid Power Coating.



Liquid Power Coating berbentuk cairan menyerupai cat sablon ,warnanya putih ,dan terbuat dari bahan yang elastik sehingga ketika dipergunakan pada kaos ,hasilnya akan menjadi kuat dan awet meskipun di cuci sesering mungkin. Cara pemakaiannya sangatlah mudah berikut beberapa langkah langkahnya :
  • Siapkan kertas light transfer paper lalu kemudian siapkan juga gambar yang akan di cetak diatas light transfer paper. Tinta untuk print sebaiknya tinta yang bagus (Sublim) hal ini dilakukan mengingat hasil agar lebih semakin maksimal, namun apabila hasil cetakan sudah cukup bagus ,itu tergantung selera sobat.
  • Berbeda dengan apabila kita hanya menggunakan light transfer paper saja ,bila tanpa menggunakan lapisan ,cetakan gambar atau photo harus mirror atau terbalik ,namun kaitan dengan hal ini dikarenakan sobat akan menggunakan pelapis tersebut ,Sobat cetak gambar atau photo tersebut seperti layaknya sobat ngeprint seperti biasa alias tanpa miror (terbalik).
  • Setelah gambar atau photo di cetak di atas kertas light transfer paper ,periksa dahulu apakah sisi diantara hasil cetakan sudah rapi ,dan apabila belum rapi ,saya sarankan sobat merapikannya dengan alat potong kertas yang biasa kita jumpai di toko photo copy . Sebab kertas light transfer paper sensitif sekali dan mudah rusak apabila dipotong menggunakan pisau cutter .Alternatif lain jika tidak ada alat pemotong tersebut , sobat bisa menggunakan gunting asalkan tajam.
  • Langkah berikutnya jika hasil cetakan di atas kertas light transfer paper sudah oke ,tinggal kita siapkan kaos lalu kemudian kertas light transfer paper tersebut di lapisi cairan Liquid Power Coating secara merata dan tunggu hingga mengering dan benar benar kering.
  • Kelupas dan lalu tempelkanlah kertas light transfer paper tadi diatas kaos ,dan ingat permukaan disaat menempelkan kertas light transfer paper haruslah rata ,paling tidak diatas meja yang tidak terlalu kecil.
  • Seusai kertas ditempelkan di atas kaos ,sobat bisa langsung press di alat press .Buat yng tidak mempunyai alat press karena harganya pun cukup mahal , Sobat bisa gunakan setrika sebagai pemanasnya ,Akan tetapi harus ekstra hati hati karena jika tidak di beri alas di bagian atas kaos ,maka akan terjadi tinta yang ada di hasil cetakan akan terbawa di alas setrikaan .
  • Cara pengepressan hendaknya kaos diletakkan dulu sebelum ditempel kertas light transfer paper ,baru kemudian di press . 
  • Setelah di press yang pertama usahakan di press ulang ,agar kertas light transfer paper tersebut benar benar menempel pada permukaan kaos .
  • Langkah terakhir yaitu melihat hasil yang sudah sobat coba .
Harga Liqud Power Coating di pasaran sekitar Rp.125.000 (Catatan : saya tidak menjual produk ini ) dan bisa sobat dapatkan di toko sablon atau melalui belanja online yang menjual produk tersebut .
Bila kita hitung perincian nya produk ini kemungkinan akan lebih efektif tidak menguras kantong , di bandingkan dengan apabila menggunakan sablon manual .
Di bawah ini adalah tutorial video cara pembuatan sablon digital menggunakan lapisan Liquid Power Coating


Seiring berkembangnya industri bisnis di dunia sablon ,kini saat nya sobat tentukan mana yang lebih baik untuk terus dikembangkan ,semoga isi blog ini bermanfaat dan silahkan sobat coba jika berminat dan gali terus inspirasi mu demi tercapainya kesuksesan yang luar biasa. Salam Kreatif 




4 Responses to "Membuat Lapisan Sablon Digital Menjadi Awet"

Terimakasih atas kunjungan Anda. Mohon untuk berkomentar dengan sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal dan melampirkan LINK url, Apabila ketentuan tersebut terjadi, maka akan kami hapus. Semua komentar tidak langsung terbit, sebab kami sesuaikan sesuai tema posting dan pertanyaan, kemudian akan di publikasikan berikut jawabannya. Salam Kreatif