Cara Mudah Membuat Sub Domain Di cPanel Domain TLD

Cara Membuat Sub Domain Di cPanel Domain TLD

Tips yang akan saya uraikan berikut ini adalah merupakan lanjutan dari uraian sebelumnya tentang cara membuat custom domain TLD untuk blogspot . Setelah kita pelajari dan mencoba ,mungkin diantara kamu masih belum paham dan mengerti tentang apa itu custom domain untuk blogger (blogspot) . Perlu saya jelaskan kembali bahwa mengcustom sebuah blog dengan domain TLD adalah merubah Alamat blog yang bersubdomain blogspot.com dengan domain TLD (TOP LEVEL DOMAIN) , Sebagai contoh yang tadinya alamat blog kita berakhiran subdomain.blogspot.com ,maka setelah kita setting custom domain nya , maka akan ada perubahan pada nama alamat url nya yaitu ber akhiran domain TLD seperti namablog.com,net,id,co , dan lain lain . Selain mempunyai banyak keuntungan ,dalam hal ini  sudah tentu akan semakin membuat keren nama blog kita . Di samping itu juga akan memberikan sebuah keuntungan spesial mengenai SEO (search engine Optimization) nantinya .


Kali ini kamu beruntung ketika membaca tulisan ini ,karena saya akan membahas bagaimana cara untuk membuat sub domain untuk blog yang telah kita buat dengan custom domain . Sub domain yang kita ketahui secara mudah pengertiannya adalah cabang blog/web dari domain utama  . Sebagai contoh blognamadomain.com sebagai blog/web utama ,sedangkan sub.namablog.com merupakan nama dari cabang blog/web yang kita kelola .

Keuntungan lain jika kita memanfaatkan cara ini adalah kita tidak perlu membeli atau sewa domain TLD lagi . Selain pemuatan nama alamat menjadi semakin keren ,untuk kemungkinan terindex google pun semakin maksimal. Dan lagi jika kita memanfaatkan satu domain TLD saja untuk beberapa sub domain maka akan semakin mempermudah dalam kita membuat kategori / label di beberapa postingan blog kita . Saran saya jika kamu sudah melakukan custom domain di blog kamu ,mending jangan membeli/sewa domain lagi dahulu, akan tetapi manfaatkan cara ini, toh beberapa provider online penyedia hosting di Indonesia banyak yang menjual domain TLD dengan pembayaran lokal , jadi kita tidak perlu repot repot membuat akun Pay Pal untuk bertransaksi saat pembelian domain TLD lagi.
Baiklah saya akan memberikan tips ini berdasarkan apa yang saya coba ,dan dipersilahkan buat kamu sobat kreatif untuk menyimak dan mempraktekkan .


  • Pertama tama buatlah sub blogspot baru dengan nama subdomain blogspot terlebih dahulu . Masukkan Judul Blog , Alamat Blog baru , Pilihan template Dan klik BUAT BLOG .
  • Setelah buat blog selesai lalu kita buka halaman pengaturan DNS di dashbor spanel hosting kemudian log in (masuk) ,dengan memasukkan email berikut password yang kamu daftarkan .
  • Kemudian cari halaman DOMAIN => KELOLA DOMAIN DAN DNS =>SUNTINNG DNS
  • Disana kita akan menambah kan RECORD baru tepatnya di RECORD CNAME ,ini adalah yang terpenting untuk mengalihkan subdomain blogspot baru tadi ke subdomain TLD domain utama kita .
  • Tambahkan saja www.sub untuk kolom HOST atau jika kamu ingin menambahkan tanpa www ketikan saja namasubdomain di kolom HOST ,sedangkan di sebelah kanannya kita tambahkan ghs.google.com untuk NAMA ASLI .  
  • Jika sudah lalu klik UPDATE dan klik selesai .
  • Setelah proses di atas selesai lalu bukalah halaman awal spanel kembali ,dan kita pilih SUNTING DOMAIN => KELOLA SUB DOMAIN .
  • Kita cari tambahkan nama SUB DOMAIN baru , tuliskan nama subdomain sesuai nama HOST yang tadi kita letakkan di RECORD CNAME kemudian klik tambahkan . Contoh sub.namadomain.com
  • Biasanya langsung tertera kolom kosong dan disebelah kanannya ada nama domain utama kita .
  • Jika kamu menambahkan pranala (www) ,maka kita tulis / buat jangan menggunakan pranala www dahulu ,jadi yang hanya kita tulis/buat adalah nama subdomain nya saja . Misalkan sub.namablog.com (tanpa www) pilih/centang Kosong 
  • Akan tetapi jika kamu ingin membuat subdomain dengan pranala www , maka setelah membuat namasub.domain.com harus membuat subdomain baru lagi dengan menambahkan pranala www pilih/centang Alias => klik alias subdomain => Pilih salah satu dan klik Tambah .

  • Setelah kedua subdomain kita buat lalu kita setting untuk index html nya dan htacces nya .Caranya pilih kategori subdomain => setting => kemudian kita klik pada menu file =>kelola file=>Sites=>>www dan biasanya di sana sudah ada file index html secara default , Apabila belum ada kita buat file Baru dan berilah nama index.html kemudian  kita tambahkan kode html di kolom kosong seperti berikut :
<head>
<meta http-equiv="refresh" content="0; URL=http://www.sub.namablog.com">
</head>

  • kemudian untuk subdomain dengan tanpa pranala www kita buka , cara nya sama seperti di atas dan kita setting .htaccess dengan cara membuat file baru klik file=>file baru=> dan berilah  nama .htaccess dan kita sisipkan kode .htaccess nya seperti berikut :
Redirect / http://www.sub.namablog.com  jika subdomain menggunakan pranala www , dan atau Redirect / http://sub.namablog.com untuk subdomain tanpa pranala www
  • Catatan :penulisan .htaccess harus ada tanda titik (.) di depan huruf h
  • Jika proses di atas selesai , buka lah halaman dashbor blog spot kamu dan pilih => Setelan Dasar => klik siapkan URL pihak ke 3 untuk blog Anda => Tambahkan nama sub domain yang telah kamu buat di halaman dashbor spanel tadi .




  • Apabila langkah menambahkan sub domain di atas berhasil , maka ketika kita klik simpan pada halaman blogger setting sub domain akan berhasil .

Setelah selesai semuanya kita tinggal menunggu waktu di mana server akan bekerja untuk memaksimalkan pengaturan yang kita buat ,dan biasanya dalam hitungan menit . Kita tunggu sambil di log out untuk akun Spanel hosting kita ,Perlu di ingat biasanya ada dua halaman log in (antara login halaman layanan domain dan halaman spanel) yang perlu di perhatikan adalah log out semua di kedua akun tadi .Setelah semuanya selesai tinggal kamu buka halaman / tab baru dalam browser kamu lalu ketikkan nama subdomain TLD yang baru saja kamu buat / setting tadi , tuliskan dengan tanpa pranala dahulu misalkan sub.namablog.com ,ini memungkinkan kita untuk tes htaccess yang kita buat . Jika berhasil maka proses pembuatan subdomain TLD kamu sudah berhasil ,dan ketika kita mengetikkan tanpa pranala www langsung di arahkan ke subdomain dengan pranala www. Sekarang tinggal kamu mengatur jenis template dan lain lain sehingga kita bisa berposting ria sampai jemari lemas tak berdaya . Jika belum mengerti atau paham silahkan berkomentar atau bisa menghubungi saya di halaman contact us . Pada pengaturan setiap hosting tidak kurang dan tidak lebih kira kira menu direktori / tata urutannya seperti di atas yang saya arahkan , kamu bisa menyesuaikannya sendiri .Selamat mencoba dan SALAM KREATIF .




1 Response to "Cara Mudah Membuat Sub Domain Di cPanel Domain TLD "

Terimakasih atas kunjungan Anda. Mohon untuk berkomentar dengan sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal dan melampirkan LINK url, Apabila ketentuan tersebut terjadi, maka akan kami hapus. Semua komentar tidak langsung terbit, sebab kami sesuaikan sesuai tema posting dan pertanyaan, kemudian akan di publikasikan berikut jawabannya. Salam Kreatif