Mengenal Seni Lukis Tembok Marmer Marblinge / Marblezing (The Marble Wall Paint)

Seni Lukis Marblezing / Marblinge / Marmer

Seni Lukis Dinding Marblinge adalah sebuah teknik melukis dekoratif dengan menggunakan cat bahan tertentu (khusus) sehingga menghasilkan sebuah tampilan yang terlihat seperti tekstur marmer ,atau tekstur kayu , dan tekstur batu . Teknik ini banyak digunakan sebagai pelengkap dekoratif untuk furniture maupun dinding . Simulasi tekstur yang di hasilkan sangat terkesan mirip , ini bisa di katakan bahwa kesan yang di dapat adalah kesan tiruan atau palsu .


www.kreatifberkarya.com

Teknik ini berawal dan bangkit sekitar abad 20 atau sekitar akhir era Tahun 1980 - an dan awal era Tahun 1990 - an . Seperti di era Tahun tersebut banyak bermunculan lukisan lukisan yang bertema wallpaper , orang menyebutnya ini adalah teknik lukisan faux , cara ini  banyak di kembangkan oleh pelaku seni , karena dengan metode seperti ini kita dapat merubah sesuka hati akan apa yang kita inginkan . Dan semakin berkembang di Era saat ini adalah lukis tembok / lukis dinding . Dalam hal ini teknik yang mereka gunakan sangatlah sederhana , mereka hanya menggunakan bahan cat yang tidak mudah luntur lalu menuangkan ekspresinya melalui alat yang di sebut kuas ,roller , kain , atau dengan menggunakan spoon . Hasil seperti ini sangat indah ketika telah selesai di proses , sebab  akan menghasilkan kesan halus saat di sentuh , Pada umumnya mereka membuat lukisan teknik faux ini bertemakan pemandangan , tiga dimensi , street art ,ataupun editorial kartun dan masih banyak lagi .

www.kreatifberkarya.com

Seiring perkembangan jaman saat ini , banyak para pelaku seni yang memanfaatkan hal ini untuk selalu di kembangkan , salah satunya yaitu teknik Marblezing , ada sebagian orang menyebutnya Marblinge , dan ada pula yang meng kategori kan teknik ini adalah teknik lukis dinding marmer . Teknik lukis dinding ini akan semakin terlihat nyata hasilnya menyerupai lapisan marmer . Cara ini merupakan teknik pengecatan yang menggunakan alat khusus seperti melibatkan peralatan air brush ,dan lain sebagainya . Banyak di antara Rumah besar di Jakarta dan sekitarnya sudah menggunakan cara ini untuk memperindah lapisan dinding nya . Kesan pada permukaan dinding setelah menggunakan cara ini akan semakin terlihat mewah dan megah tentunya , padahal itu hanyalah sebatas dinding atau tembok biasa .
Motif yang di hasilkan bermacam macam , seperti 
  • Motif Marble 
Teknik ini menggunakan teknik glasir atau dengan plester sehingga menghasilkan kesan marmer yang menempel di dinding . Jika kita tidak tahu maka kita akan mengira bahwa ini adalah batu marmer yang di tempelkan .  
  • Motif Fresco
Ini sangat sederhana sekali , sebab ini adalah perpaduan dari warna dan senyawa yang dapat menimbulkan kesan belang belang pada dinding yang polos , dan ini tetap halus hasilnya setelah di kering dan saat di sentuh .
  • Motif kembang kayu 
Variaetas motif kayu dapat di hasilkan ,ini adalah teknik gerakan yang meniru motif kayu dengan cara mengolah imajinasi .
  • Motif Trompe l'oeil
Teknik yang di hasilkan adalah menipu mata kita ,beberapa hasil yang telah di buat kebanyakan bertema tiga dimensi , ini merupakan teknik realistik dengan ukuran kedalaman yang maksimal serta benar benar menciptakan sebuah desain arsitektur .
  • Motif Plester venesia
Plester Venesia adalah salah satu dekorasi plester yang paling populer dan tradisional . Hasilnya cukup halus bila di sentuh meskipun teknik ini dengan menambah bubuk marmer untuk di taburkan di atas permukaan .
  • Motif Warna
Motif ini sama saja dengan mencuci warna , dengan kata lain memproses dengan teknik finishing yang tak beraturan , bebas berekspresi hanya dengan cat dan kuas sajahingga akhirnya akan menghasilkan kreasi warna glasir .
  • Motif Strie 
Dalam bahasa prancis , teknik strie ini adalah teknik dengan menghasilkan garis yang beruntun . tau dengan menciptakan sebuah garis tipis dan  halus . Simulasi ini dapat di lihat di kain linen .
  • Motif Ragg 
Teknik ragging adalah teknik melukis dinding dengan menggunakan kain bengkok yang di satukan untuk membuat pola tekstur.
  • Motif Spoon
Motif ini di hasilkan dengan memoles cat menggunakan spoon , ini akan menghsilkan tekstur seperti gambar laut , awan , atau bisa juga membuat kesan yang bertekstur seperti kertas .

www.kreatifberkarya.com


Beberapa contoh gambar di atas adalah contoh motif Marble , di mana kesan yang di dapat adalah kesan yang berbentuk menyerupai seperti batu marmer . Bagaimana ? tertarikk dengan motif pengecatan dinding seperti ini ,,? silahkan sobat cari di beberapa jasa penyedia layanan lukis tembok / dinding di kota sobat . Atau jika ingin mengaplikasikannya secara manual dan tanpa di bantu oleh siapapun , maka sobat harus pandai pandai bereksperimen , sebab teknik ini adalah bebas , dan bisa berulang ulang ketika sedang melakukannya . Semoga berhasil dan Salam Kreatif .