Mengenal Seni Lukis Tembok Marmer Marblinge / Marblezing (The Marble Wall Paint)

Seni Lukis Marblezing / Marblinge / Marmer

Seni Lukis Dinding Marblinge adalah sebuah teknik melukis dekoratif dengan menggunakan cat bahan tertentu (khusus) sehingga menghasilkan sebuah tampilan yang terlihat seperti tekstur marmer ,atau tekstur kayu , dan tekstur batu . Teknik ini banyak digunakan sebagai pelengkap dekoratif untuk furniture maupun dinding . Simulasi tekstur yang di hasilkan sangat terkesan mirip , ini bisa di katakan bahwa kesan yang di dapat adalah kesan tiruan atau palsu .


www.kreatifberkarya.com

Teknik ini berawal dan bangkit sekitar abad 20 atau sekitar akhir era Tahun 1980 - an dan awal era Tahun 1990 - an . Seperti di era Tahun tersebut banyak bermunculan lukisan lukisan yang bertema wallpaper , orang menyebutnya ini adalah teknik lukisan faux , cara ini  banyak di kembangkan oleh pelaku seni , karena dengan metode seperti ini kita dapat merubah sesuka hati akan apa yang kita inginkan . Dan semakin berkembang di Era saat ini adalah lukis tembok / lukis dinding . Dalam hal ini teknik yang mereka gunakan sangatlah sederhana , mereka hanya menggunakan bahan cat yang tidak mudah luntur lalu menuangkan ekspresinya melalui alat yang di sebut kuas ,roller , kain , atau dengan menggunakan spoon . Hasil seperti ini sangat indah ketika telah selesai di proses , sebab  akan menghasilkan kesan halus saat di sentuh , Pada umumnya mereka membuat lukisan teknik faux ini bertemakan pemandangan , tiga dimensi , street art ,ataupun editorial kartun dan masih banyak lagi .

www.kreatifberkarya.com

Seiring perkembangan jaman saat ini , banyak para pelaku seni yang memanfaatkan hal ini untuk selalu di kembangkan , salah satunya yaitu teknik Marblezing , ada sebagian orang menyebutnya Marblinge , dan ada pula yang meng kategori kan teknik ini adalah teknik lukis dinding marmer . Teknik lukis dinding ini akan semakin terlihat nyata hasilnya menyerupai lapisan marmer . Cara ini merupakan teknik pengecatan yang menggunakan alat khusus seperti melibatkan peralatan air brush ,dan lain sebagainya . Banyak di antara Rumah besar di Jakarta dan sekitarnya sudah menggunakan cara ini untuk memperindah lapisan dinding nya . Kesan pada permukaan dinding setelah menggunakan cara ini akan semakin terlihat mewah dan megah tentunya , padahal itu hanyalah sebatas dinding atau tembok biasa .
Motif yang di hasilkan bermacam macam , seperti 
  • Motif Marble 
Teknik ini menggunakan teknik glasir atau dengan plester sehingga menghasilkan kesan marmer yang menempel di dinding . Jika kita tidak tahu maka kita akan mengira bahwa ini adalah batu marmer yang di tempelkan .  
  • Motif Fresco
Ini sangat sederhana sekali , sebab ini adalah perpaduan dari warna dan senyawa yang dapat menimbulkan kesan belang belang pada dinding yang polos , dan ini tetap halus hasilnya setelah di kering dan saat di sentuh .
  • Motif kembang kayu 
Variaetas motif kayu dapat di hasilkan ,ini adalah teknik gerakan yang meniru motif kayu dengan cara mengolah imajinasi .
  • Motif Trompe l'oeil
Teknik yang di hasilkan adalah menipu mata kita ,beberapa hasil yang telah di buat kebanyakan bertema tiga dimensi , ini merupakan teknik realistik dengan ukuran kedalaman yang maksimal serta benar benar menciptakan sebuah desain arsitektur .
  • Motif Plester venesia
Plester Venesia adalah salah satu dekorasi plester yang paling populer dan tradisional . Hasilnya cukup halus bila di sentuh meskipun teknik ini dengan menambah bubuk marmer untuk di taburkan di atas permukaan .
  • Motif Warna
Motif ini sama saja dengan mencuci warna , dengan kata lain memproses dengan teknik finishing yang tak beraturan , bebas berekspresi hanya dengan cat dan kuas sajahingga akhirnya akan menghasilkan kreasi warna glasir .
  • Motif Strie 
Dalam bahasa prancis , teknik strie ini adalah teknik dengan menghasilkan garis yang beruntun . tau dengan menciptakan sebuah garis tipis dan  halus . Simulasi ini dapat di lihat di kain linen .
  • Motif Ragg 
Teknik ragging adalah teknik melukis dinding dengan menggunakan kain bengkok yang di satukan untuk membuat pola tekstur.
  • Motif Spoon
Motif ini di hasilkan dengan memoles cat menggunakan spoon , ini akan menghsilkan tekstur seperti gambar laut , awan , atau bisa juga membuat kesan yang bertekstur seperti kertas .

www.kreatifberkarya.com


Beberapa contoh gambar di atas adalah contoh motif Marble , di mana kesan yang di dapat adalah kesan yang berbentuk menyerupai seperti batu marmer . Bagaimana ? tertarikk dengan motif pengecatan dinding seperti ini ,,? silahkan sobat cari di beberapa jasa penyedia layanan lukis tembok / dinding di kota sobat . Atau jika ingin mengaplikasikannya secara manual dan tanpa di bantu oleh siapapun , maka sobat harus pandai pandai bereksperimen , sebab teknik ini adalah bebas , dan bisa berulang ulang ketika sedang melakukannya . Semoga berhasil dan Salam Kreatif .


1 Response to "Mengenal Seni Lukis Tembok Marmer Marblinge / Marblezing (The Marble Wall Paint)"

  1. Artikel dan tips yang sangat menarik Gan.

    Butuh kesabaran dan ketelatenan untuk belajar cara membuat motif marble (marmer), dan tentu saja harus memahami step by step setiap prosesnya mulai dari cara membuat gradasinya, pencampuran atau kombinasi warnanya, cara mengolesnya dan sampai membuat urat motifnya dan sampai ke tahap finishingnya.

    Sukses selalu gan

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan Anda. Mohon untuk berkomentar dengan sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal dan melampirkan LINK url, Apabila ketentuan tersebut terjadi, maka akan kami hapus. Semua komentar tidak langsung terbit, sebab kami sesuaikan sesuai tema posting dan pertanyaan, kemudian akan di publikasikan berikut jawabannya. Salam Kreatif