Sabtu, 19 April 2014

Ini Dia Cara Baterai BOLT 4G LTE Jadi Awet

CARA MEMBUAT DUMMY BATERY (Fake batery)

Kemudahan berselancar di dunia maya saat ini merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting. Terlebih lagi dengan adanya layanan internet yang mempunyai kecepatan maksimal , beberapa peluang informasi dapat kita peroleh dengan mudah . Berbeda dengan jaman dahulu ,kita hanya mendapatkan informasi dengan sangat terbatas. 
Seiring perkembangan jaman dengan berbagai inovasi serta tahapan yang berbeda beda , saat ini layanan koneksi internet yang ada di Negara kita tergolong sangatlah buruk , terkecuali di Negara berkembang lainnya . Sistem ini selalu berubah tingkatan dari 2G lalu naik menjadi 3G ,Dan kali ini Generasi ke 4 (4G) telah mendarat dengan kemampuan sistem dari perkembangan antara 2G dan 3G . Sebuah Perusahaaan provider layanan mobile broadband yaitu PT.Internux telah mengeluarkan produk MIFI (Modem Wifi) berteknologi 4G LTE dengan nama produk BOLT  . Layanan 10 kali lebih cepat ini di tawarkan dengan sangat mengiurkan bagi para calon pelanggan . Ketika produk ini launching beberapa waktu yang lalu ,secara serentak layanan untuk BOLT 4G LTE banyak di minati pelanggan. Modem Wifi (MIFI) BOLT 4G LTE ini hadir dengan bentuk sangat minimalis dan terlihat mungil dengan merk ZTE MF90. Ada dua tombol di perangkat tersebut . Tombol atas yaitu tombol Power , sedangkan tombol di bawahnya yaitu tombol WPS . Untuk menghidupkannya pun sangatlah mudah , kita tinggal menekan beberapa detik tombol power tersebut hingga ketiga lampu di atasnya menyala dan berkedip .


Penggunaan Modem Wifi (MIFI) BOLT 4G LTE terkadang di pakai dalam jangka waktu yang lama, Sedangkan jika hanya menggunakan suply baterai asli dari BOLT mungkin hanya terpakai dalam waktu 2 jam lebih , setelah itu baterai akan ngedrop dan di carge kembali . Banyak di kalangan pemakai awam dalam menggunakan perangkat ini yang hanya mengandalkan masa waktu isi baterai saja , dan ada pula jika baterai habis , langsung segera di carge lalu sambil di gunakan . Nah hal ini yang akan membuat kondisi baterai tersebut akan semakin melemah , sedangkan dari pihak produsen belum mengeluarkan suku cadang baterai untuk penggantian baterai apabila baterai tersebut kembung .
Kali ini ada sedikit solusi bagaimana cara agar MIFI (Modem Wifi) yang kita miliki menjadi awet dan tetap lancar ketika kita pakai. Cara ini sangat mudah , dan di perlukan peralatan tambahan sebagai pengganti baterai asli dari BOLT. Nama dan produk alat itu adalah Baterai Dummy atau (Fake batery )
Cara untuk mendapatkan alat tersebut adalah dengan dua cara yaitu :
  1. Sobat bisa membeli alat tersebut melalui online , Hingga saat ini banyak penjual yang dapat kita temui di forum jual beli seperti Kaskus , atau melalui Olx, Berniaga , Modemku , dan masih banyak lagi.Ini adalah contoh fake batery yang di jual di pasaran . Gambar di bawah ini adalah beberapa produk dengan berbagai versi namun satu fungsi .
  2. Cara kedua yaitu dengan kita membuat Baterai Dummy sendiri . Jika Sobat mengetahui komponen elektronikla ,sudah pasti sobat tahu jenis komponen ini , dan lalu tidaklah sulit untuk merangkai alat ini sendiri , Komponen yang di butuhkan adalah sebuah kapasitor 1000uf (ELCO) dan sebuah resistor 33k Ohm. Rangkai menggunakan solder dan tenol komponen tersebut dengan memasangkan resistor 33k Ohm dengan kutub negatif dan di sambungkan ke konektor tengah ,sedangkan kutub negatif kapasitor di sebelah kiri, sedang kutub yang plus di sambungkan ke konektor kanan. Setelah itu pakailah isolasi atau pembungkus ELCO agar semakin membuat rapi kemasan dummy sehingga benar benar kuat dan merekat , setelah itu sobat bisa menggunakan MIFI BOLT tanpa harus menggunakan baterai aslinya dan MIFI BOLT siap di colokkan ke adaptor carger hingga kemudian menikmati layanan internet dengan koneksi lancar ,puas tanpa harus memikirkan kondisi baterai akan ngedrop atau kembung .

Saya sarankan jika sobat belum menguasai dasar Elektronika , mending beli saja melalui online shop . Perbandingan harga yang di patok di online shop sekitar 30 ribu dan 40 ribu ,ada juga yang menjualnya seharga 20 ribu, Lebih irit nya jika kita bisa merakit sendiri alat ini .Perbedaannya , sobat hanya cukup merogoh kocek sekitar Rp. 7.000; saja untuk harga kapasitor dan harga resistor. Berikut di bawah ini adalah gambaran dari rangkaian baterai dummy sederhana ,bagi sobat yang ingin mencoba silahkan di praktek kan sendiri. Kunci pemasangannya jangan sampai terbalik di antara kutub negatif dengan kutub positif rangkaian baterai dummy tersebut. Pada kaki kapasitor kutub negatif untuk sebelah kiri sedangkan kaki kutub positif untuk sebelah kanan.

  • Kelebihan Baterai Dummy sendiri adalah membuat awet baterai asli dari perangkat bawaan , sebab baterai asli kita simpan saja , dengan cara / langkah ini kita dapat menghemat pengeluaran uang untuk membeli baterai yang baru , itu pun kalau ada versi yang sesuai dengan type baterai bawaan . 
  • Kekurangan jika kita memakai Baterai Dummy ini adalah apabila kita colokkan ke dalam konektor Laptop , maka alat ini tidak akan berfungsi . Misalkan akan sobat bawa kemana mana bisa saja memanfaatkan Power Bank sebagai suplier MIFI Bolt Baterai Dummy .
Nah , bagai mana sobat ? mudah bukan ..??  Sekarang ini bisa sobat simpulkan sendiri mana yang lebih menguntungkan dan mana yang hanya sekedar untung saja . Perlu di perhitungkan pula mengenai harga dari Modem Wifi tersebut untuk pemakaian kurun waktu yang lama , sebab kita tidak membeli dengan harga yang murah .Selamat mencoba menggunakan teknik ini dan semoga artikel ini bermanfaat sebagai referensi dan menjadikannya sebuah kebutuhan di keseharian kita. Semoga membantu dan  SALAM KREATIF .



Add Comments