Dussel (Tortillon)

TENTANG TORTILLON (dussel)

Tortillon atau biasa disebut dengan dussel Adalah sebuah peralatan menggambar yang terbuat dari kertas yang digulung rapi ,dengan ujung berbentuk seperti silinder .Apabila kita ingin membuat sendiri alat ini ,itu sangatlah mudah .Sobat bisa mengambil selembar kertas HVS atau kertas koran lalu kemudian gulunglah secara perlahan dan rapi mulai dari ujung kertas tersebut ,hingga kemudian menyerupai sebuah pensil dengan ujung yang runcing berbentuk silinder. Secara komersial ,dapat kita jumpai alat ini di toko Gramedia atau di toko yang menjual khusus peralatan menggambar, Jika sobat di jakarta ada tempat khusus yang menjual peralatan (dussel) ini ,Letaknya di daerah Jatinegara Jakarta Timur, Nama toko tersebut adalah Toko Prapatan .Pada umumnya alat ini di jual satu paket berisi 6 (enam) batang dari ukuran besar sampai ukuran yang paling kecil. Berbeda jika kita membuat sendiri , alat yang di jual di pasaran ini terbuat dari bubur kertas yang di cetak dengan ujung yang berbentuk silinder, jadi kemasan nya pun sangatlah rapi dan maksimal untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Nama 'tortillon' sendiri berasal dari kata tortiller (Perancis), yang berarti 'sesuatu yang memutar'. Tortillon kadang ada juga yang menyebutnya torchon. Torchon sebenarnya dalam bahasa Perancis di artikan untuk kain,sepotong kain bekas yang dibungkus diatas jari dan sering digunakan untuk melakukan pekerjaan yang sama seperti tortillon . Meskipun serat kain yang mempunyai fungsi sama dan terlihat berbeda untuk diletakkan diujung jari ,Namun hal ini sangatlah efektif . Cara lainpun sobat juga bisa membungkus sepotong kain di atas batang kayu kecil lalu di rekatkan dengan lem maupun isolasi ,apabila ingin mencoba memakai kain .



Alternatif lain juga bisa sobat buat dengan Cutton bud (korek kuping) ataupun kapas yang di gulung di atas batang kayu kecil .


Fungsi Tortillon sebagai pelengkap dalam membuat sebuah karya ,dalam hal ini menggambar dengan pensil . Kesan blur yang didapat dari hasil kolaborasi antara tekanan ujung tortillon pada arsiran yang akan semakin membuat lukisan menjadi nyata dan hidup. Kesan halus pun akan tercipta jika sobat menggunakan alat ini .Banyak para seniman menggunakan alat ini dan hasilnya pun semakin mendekati maksimal hingga terlihat benar benar realis.
Sedikit membosankan memang kalau hasil yang kita buat belum begitu realis ,namun akan tetapi dengan menambahkan dussel (Tortillon) sebagai  pelengkap ,saya yakin sobat akan semakin bersemangat untuk selalu menekuni bakat menggambar . 



Mulailah dengan membuat arsiran dengan tidak terlalu tebal ,lalu secara bertahap lakukanlah dengan memblending menggunakan alat ini . Gerakan blending di sini adalah sebuah gerakan yang di hasilkan oleh tekanan dari ujung dussel ke arah arsiran dengan menggerakkannya secara memutar dan di putar pelan sehingga menghasilkan kriteria bentuk yang kita innginkan .
Banyak sekali keuntungan yang didapat setelah memakai sistem blending dengan menggunakan dussel atau tortillon ini .Mungkin di antara sobat sulit menjangkau untuk memiliki alat ini, dan tentunya bukan masalah harga yang jadi permasalahan , melainkan jarak yang harus ditempuh terlalu jauh misalkan sobat ingin membeli di Gramedia . Salah satu solusi untuk mendapatkannya adalah dengan membeli melalui belanja online ,sobat dapat mencarinya di google. Harga untuk satu paketnya biasa di jual seharga Rp.30.000 rupiah .
Semoga Artikel ini sedikit menambah inspirasi dan menambah pengetahuan dalam pembuatan sebuah karya . Selamat mencoba dan "SALAM KREATIF"

0 Response to "Dussel (Tortillon)"

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan Anda. Mohon untuk berkomentar dengan sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal dan melampirkan LINK url, Apabila ketentuan tersebut terjadi, maka akan kami hapus. Semua komentar tidak langsung terbit, sebab kami sesuaikan sesuai tema posting dan pertanyaan, kemudian akan di publikasikan berikut jawabannya. Salam Kreatif