Kamis, 25 Desember 2014

Melongok Koleksi Lukisan Di Masa Raden Saleh

Galeri Lukisan Dari Masa Raden Saleh


Tepatnya di sebelah timur dari Museum Fatahillah di kawasan kota tua Jakarta , Di sanalah berdiri kokoh sebuah bangunan tua dengan delapan tiang tinggi besar di depannya . Dan ini merupakan sebuah museum yang di beri nama Museum Seni Rupa Dan Keramik . Penampilan eksterior maupun interiornya ,gedung ini masih tampak seperti aslinya . Hanya saja sedang di lakukan pemugaran di bagian halaman gedung ini . Pepohonan yang rindang membuat gedung ini semakin terlihat asri ,apalagi di tambah dengan bangunan melingkar khusus untuk duduk santai di bawah pohon . Menurut informasi yang di dapat ,gedung ini berdiri sejak Tahun 1870 dengan nama aslinya Ordinaris Raad Van Justitie Binnen Het Kasteel . Pada awalnya dulu gedung ini di pergunakan sebagai kantor Dewan Kehakiman di masa jaman kolonial Belanda , Setelah Indonesia Merdeka dan hingga saat ini gedung ini berubah fungsi sebagai Museum Seni Rupa Dan Keramik . Jadi keutamaannya adalah sebagai balai Seni Rupa . 


Suasana di dalam Museum ini sangat ramai pengunjung . Apalagi jika di musim liburan , banyak sekumpulan pengunjung yang berkelompok untuk singgah dan menikmati beberapa koleksi keramik jaman Majapahit (abad -14) ,dan juga koleksi Seni Rupa di masa Raden Saleh (1880-1890) .




Total jumlah lukisan di galeri Museum Seni Rupa Dan Keramik ini adalah 18 lukisan di antaranya karya dari S Sudjojono, RGA Sukirno, Ernes Dezent JE, dan Arie Smit .


Jika Ingin berkunjung jangan lupa untuk mencatat alamatnya di bawah ini :

MUSEUM SENI RUPA DAN KERAMIK 
Jl. Pos Kota No.2
Jakarta Barat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110



Add Comments